Rabu, 09 November 2011

NYERI LUKA BEKAS OPERASI


BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah
Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan barometer pelayanan kesehatan ibu  di suatu negara. Bila AKI tinggi, berarti pelayanan kesehatan ibu belum baik. Sebaliknya, bila AKI rendah berarti pelayanan kesehatan ibu sudah baik. Mortalitas dan morbilitas pada wanita hamil dan bersalin adalah masalah besar di negara berkembang.
Kematian saat melahirkan biasanya menjadi faktor  utama mortalitas wanita pada masa puncak produktifitasnya. Tahun 1996, WHO memperkirakan lebih dari 580.000 per tahunnya meninggal saat hamil atau bersalin. Di kawasan ASEAN, Indonesia mempunyai AKI yang paling tinggi yaitu 334 per 100.000 kelahiran hidup (SDKI 1997) sedangkan target yang harus dicapai pada tahun 2010 adalah 125 per 100.000 kelahitam hidup (Dep. Kes. RI 2001)
Nifas merupakan masa pulih kembali, mulai dari persalinan selesai sampai alat-alat kandungan kembali seperti semula (pra hamil). Dalam masa ini rawan terjadi infeksi. Infeksi masa nifas sudah dikenal sejak jaman Hipokrates dan Geineus. Jaman dulu penyakit ini diduga disebabkan oleh karena tidak merupakan lochea. Kemudian banyak teori lain dikemukakan untuk menerangkan sebab infeksi nifas. Dalam tahun 1849 Semelweis untuk pertama kali berdasarkan pengalamannya paa Gebaroustat bahwa penyakit pada masa nifas yang banyak meminta korban sedemikian banyak disebabkan oleh infeksi poada luka-luka jalan lahir yang untuk sebagian besar datang dari luar.
Perawatan masa nifas sangat diperlukan untuk mencegah dan mendeteksi adanya komplikasi yang terjadi adalah perdarahan, infeksi dan gangguan psikologis.
Oleh karena  itu dalam melaksanakan asuhan kebidanan pada masa nifas harus dilakukan secara komprehensif yang meliputi aspek promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif secara terpadu dan berkesinambungan.
 
1.2  Tujuan Penulisan
1.2.1        Menerangkan dan mengembangkan pola pikir secara ilmiah ke dalam proses Asuhan Kebidanan nyata serta mendapatkan pengalaman dalam memecahkan masalah pada ibu post sc dengan menggunakan manajement Varney.
1.2.2        Tujuan Khusus
Setelah melakukan Asuhan Kebidanan pada Ny. ”S” post SC diharapkan mahasiswa mampu menerapkan manajement Varney yang meliputi :
-         Mahasiswa mampu melakukan pengumpulan data pada Ny. ”S” post SC pada hari kedua dengan nyeri.
-         Mahasiswa dapat mengidentifikasi diagnosa, masalah, kebutuhan pada Ny. ”S” post SC hari kedua.
-         Mahasiswa dapat mengetahui masalah potensial pada Ny. ”S” dengan kasus post sc hari kedua.
-         Mahasiswa dapat mengetahui tindakan segera pada Ny. ”S” dengan kasus post sc hari kedua.
-         Mahasiswa dapat merencanakan rencana yang akan dilakukan pada Ny. ”S” dengan kasus post sc hari kedua
-         Mahasiswa dapat/ mampu melaksanakan rencana yang telah direncakana pada Ny. ”S” dengan kasus post sc hari kedua.
-         Mahasiswa dapat mengevaluasi sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai  dalam melakukan tindakan pada Ny. ”S” dengan kasus post sc hari kedua.

1.3  Cara Pengambilan Data
1.3.1        Wawancara
Pengambilan  data dengan cara  tanya jawab langsung kepada pasien.
1.3.2        Observasi
Pengambilan data dengan cara mengobservasi langsung kepada pasien.
1.3.3        Dokumentasi
Pengambilan data melihat pada lembar status pasien atau buku rekam medik pasien.
1.3.4        Studi Pustaka
Teori Asuhan Kebidanan diambil dari buku-buku tentang nifas dan buku yang membahas komplikasi kehamilan.
1.4  Manfaat Penulisan
1.4.1        Bagi Penulis
Penulis mendapat pengalaman serta dapat menerapkan apa yang telah didapatkan dalam bangku kuliah dengan kasus nyata dalam melaksanakan asuhan kebidanan.
1.4.2        Bagi Rumah Sakit
Sebagai bahan perbandingan dalam asuhan kebidanan paa P10001 Post SC hari kedua.
1.4.3        Bagi Institusi
Sebagai bahan kepustakaan bagi yang membutuhkan asuhan dan perbandingan  pada penanganan kasus yang sama.
1.4.4        Bagi Klien
Agar mereka mengetahui masalah apa saja yang berkaitan dengan kehamilannya sehingga mudah bekerjasama untuk mengatasi permasalahan tersebut.

 
BAB II
TINJAUAN TEORI


2.1    Konsep Dasar Teori Nifas
2.1.1        Definisi
Nifas adalah    : -   Masa yang dimulai setelah partus selesai, dan berakhir setelah kira-kira 6 minggu, akan tetapi seluruh alat genitalnya baru pulih kembali seperti sebelum ada kehamilan dalam waktu 3 bulan.
                             (Ilmu Kebidanan, 1999, hal 237)
                         -   Masa yang dimulai setelah kelahiran placenta dan berakhir ketika  alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil dan berlangsung selama kira-kira 6 minggu. (Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, 2002, hal 122)
                         -   Masa sesudah persalinan yang diperlukan untuk pulihnya kembali alat kandungan yang lamanya 6 minggu. (Obstetri Fisiologi, hal 315)
                         -   Masa pulih kembali, mulai dari persalinan selesai sampai alat-alat kandungan kembali seperti pra hamil, lamanya 6 – 8 minggu. (Sinopsis Obstetri, hal 115)
2.1.2        Pembagian masa nifas menurut hanika winkjosastro ilmu kebidanan nifas dibagi dalam 3 periode yaitu :
1.      Puerperium Dini
Yaitu kepulihan dimana ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan-jalan, dalam agama Islam dianggap telah bersih dan boleh bekerja setelah 40 hari.
2.      Puerperium Intermedial
Yaitu kepulihan menyeluruh alat-alat genital yang lamanya  6 – 8 minggu
3.      Remote Puerperium
Yaitu waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna terutama bila selama hamil atau waktu persalinan mempunyai komplikasi. Waktu untuk sehat sempurna bisa  berminggu-minggu, bulanan atau tahunan.
2.1.3        Involusi Alat-alat Kandungan
1.      Uterus
-         Uterus secara berangsur-angsur menjadi kecil sehingga kembali seperti sebelum kehamilan dan persalinan.
-         Perubahan  ini berhubungan dengan perubahan pada miometrium terjadi perubahan-perubahan yang bersifat protelitis (pemecahan protein yang akan dikeluarkan melalui urine)
-         Otot-otot uterus berkonsentrasi setelah post partum, pembuluh-pembuluh darah yang berada diantara anyaman otot-otot uterus akan terjepit, proses ini akan menghentikan perdarahan setelah plasenta dilahirkan.
Tabel tinggi fundus uteri dan berat uterus menurut masa involusi
Involusi
TFU
Berat Uterus
Bayi lahir
Uri lahir
1 minggu
2 minggu
6 minggu
8 minggu
Setinggi pusat
2 jari bawah pusat
Pertengahan pusat sympisis
Tidak teraba diatas sympisis
Bertambah kecil
Sebesar normal
1000 gram
750 gram
500 gram
350 gram
50 gram
30 gram
-         Rata-rata TFU berkurang 1 – 2 cm/ hari sampai akhir minggu pertama.
-         Involusi uterus terjadi sangat lambat bila uterus terinfeksi.
2.      Involusi Tempat Plasenta
Setelah persalinan tempat plasenta merupakan tempat dengan permukaan kasar, tidak merata dan kira-kira sebesar telapak tangan. Dengan cepat luka ini mengecil, pada akhir minggu ke-2 hanya sebesar 3 – 4 cm, dan pada akhir nifas 1 – 2 cm. Penyembuhan luka bekas placenta khas sekali.
Biasanya luka yang demikian sembuh dengan menjadi parut tetapi luka bekas plasenta tidak meninggalkan parut.
3.      Perubahan Pembuluh Darah Rahim
Dalam kehamilan uterus banyak mempunyai pembuluh-pembuluh darah yang besar, tetapi karena persalinan tidak diperlukan lagi peredaran darah yang banyak, maka arteri harus mengecil lagi dalam nifas.
4.      Perubahan pada Servik dan Vagina
Beberapa hari setelah persalinan, OUE dapat dilalui oleh 2 jari, pinggir-pinggirnya tidak rata tetapi retak-retak karena robekan dalam persalinan. Pada akhir minggu pertama hanya dapat dilalui                1 jari saja dan lingkaran retraksi berhubungan dengan bagian atas dan canalis servikalis pada cerviks berbentuk sel-sel otot karena hanya perplasia ini dan karena retraksi dari cerviks robekan cerviks menjadi sembuh. Pada minggu ke-3 post partum mulai nampak kembali.
5.      Dinding Perut dan Peritonium
Setelah persalinan dinding perut longgar karena diregang begitu lama tetapi biasanya pulih kembali dalam 6 minggu. Kadang-kadang pada wanita yang asthemis terjadi diastonis dari otot-otot rectum abdominis, sehingga sebagian dari dinding perut digaris tengah hanya terdiri dari peritoneum fascia dan kulit. Tempat yang lemah ini menonjol kalau berdiri/ mengejan.
6.      Ligamen-Ligamen
Ligamen-ligamen dan diafragma pelvis yang meregang pada waktu persalinan setelah bayi lahir secara berangsur-angsur menjadi ciut dan pulih kembali sehingga tidak jarang uterus jatuh ke belakang dan menjadi retrofleksi.
7.      Endometrium
Perubahan pada endometrium timbul trombosis, degenerasi dan nekrosis di tempat implantasi placenta.
-         Hari pertama, endometrium (+) setebal 2 – 5 mm, mempunyai permukaan kasar akibat pelepasan dasidua dan selaput janin.
-         Setelah hari ke-3, permukaan endometrium mulai rata kembali skibat lepasnya sel-sel dari bagian yang mengalami degenerasi.
-         Regenerasi endometrium yang memakan waktu 2 – 3 minggu
-         Jaringan di tempat implantasi placenta mengalami proses degenerasi dan nekrosis
-         Bagian yang nekrotik dikeluarkan dengan lochia
-         Pelepasan jaringan berdegenerasi berlangsung lengkap sehingga tidak terjadi jaringan parut
8.      Serviks dan Vagina
-         Setelah post partum bentuk agak menggantung seperti corong disebabkan pada corpus terjadi kontraksi sedangkan serviks tidak, sehingga seolah-olah pada pembatasan antara korpus dan serviks berbentuk seperti cincin.
-         Warna serviks merah kehitam-hitaman karena pembuluh darah banyak.
-         Konsistensi lunak
-         Setelah janin dilahirkan tangan pemeriksa masih dapat dimasukkan ke dalam cavum uteri
-         Setelah 2 jam hanya dapat dimasukkan 2 – 3 jari
-         Setelah involusi selesai, ostium eksternum lebih besar dan tetap retak dan robek pada pinggirnya.
9.      Saluran Kencing
-         Dinding kandung kencing melibatkan oedem dan hanya peranemia
-         Kadang dari trigenum menimbulkan obstruksi dari uretra sehingga terjadi retensio urine
-         Kandung kencing dalam puerperium kurang sensitif dan kapasitasnya bertambah sehingga KK penuh atau terjadi residu dan trauma pada dinding KK pada waktu persalinan memudahkan terjadinya enfeksi.
10.  Laktasi
-         Masing-masing buah dada, terdiri dari 15 – 24 lobus yang terletak radial dan terpisah satu sama lain oleh jaringan lemak
-         Trap lobus terdiri dari lobulus yang terdiri dari sel asinii
-         Acinii membersihkan air susu
-         Tiap lobulus mempunyai saluran halus utnuk mengalirkan  air susu
-         Saluran-saluran yang halus bersatu menjadi satu saluran untuk tiap lobulus
-         Saluran ini disebut Duktus lactikerus yang memusat menuju puting susu
-         Pengaruh menekan dari esterogen dan progesteron terjadi hiposis hilang ® laktogen hormone/ prolaktin timbul ® merangsang laktasi
-         Meningkatkan istirahat, aktivitas dan keamanan, serta mencegah komplikasi dan mobilisasi.
-         Meningkatkan asupan makanan dan cairan yang adekuat
-         Meningkatkan pola eliminasi normal
-         Mencegah Isoimunisasi Rh paa ibu dengan Rh (–)
-         Memenuhi kebutuhan belajar ibu, kebersihan diri, perawatan perinatal, perawatan PD, latihan peregangan otot, hubungan seksual dan kontrasepsi
-         Meningkatkan rasa percaya diri dan gambaran tubuh serta penggunaan sumber kesehatan yang ada di masyarakat.
11.  Defekasi
-         Buang air besar harus dilakukan 3 – 4 hari pasca persalinan, bila masih sulit BAB dan terjadi obstipasi apalagi BAB keras dapat diberikan obat laksan peroral atau per rectal jika belum bisa  dilakukan klisma.
2.1.4        Perubahan Lain Pada Masa Nifas
1.      A fler pains (mules-mules)
Sebagai akibat kontraksi uterus kadang-kadang sangat mengganggu selama 2 – 3 hari PP. After pains lebih terasa bila wanita tersebut menyusui perasaan sakit timbul bila masih ada sistem plasenta, sisa selaput ketuban atau gumpalan darah dari kavum uteri.
2.      Suhu Badan
-         Suhu badan inpartu kala tidak lebih dari 37oC
-         Sesudah inpartu dapat naik 0,5oC dari keadaan normal tetapi tidak melebihi 38oC
-         Sesudah 12 jam PP, suhu kembali normal jika lebih 38oC ® infeksi
3.      Nadi
-         Umumnya 60 – 80 x/menit
-         Setelah partus dapat menjadi bradikardi
-         Bila takikardi dan badan tidak panas mungkin ada peredaran berlebihan/ ada vitium kordis pada plasenta
-         Denyut nadi masa nifas lebih efektif dari pada suhu
4.      Pengeluaran Lochea
Lochea adalah sekret yang berasal dari kavum uteri dan vagina dalam masa nifas lochea tidak lain dari pada sekret luka yang berasal dari luka dalam rahim terutama luka plasenta. Sifat lochea berubah seperti sekret luka berubah menurut tingkat perubahan luka.

a.       Lochea rubra
-         Waktu keluarnya pada saat dua  hari PP
-         Konsistensi cair
-         Baunya biasa/ khas
-         Berisi darah segar dan sisa-sisa selaput ketuban, sel-sel desidu verniks kaseosa, laneigo dan mekonium
b.      Lochea sanguinolenta
-         Waktu keluarnya biasanya pada hari ke 3 – 7 PP
-         Konsistensi lebih kental dan bercampur lendir
-         Warnanya coklat
-         Baunya biasa atau khas
c.       Lochea serosa
-         Waktu keluar pada saat 7 – 14 hari PP
-         Konsistensi cari dan tidak bercampur darah
-         Warnanya kuning
-         Baunya biasa atau khas
d.      Lochea alba
-         Waktu keluarnya pada saat lebih dari 14 hari PP
-         Konsistensi kental hampir seperti albus
-         Warnanya putih karena banyaknya leucocyt terdapat di dalamnya
e.       Lochea purulenta
-         Waktunya jika terjadi infeksi
-         Konsistensinya kental dan bercampur darah
-         Warnanya kehijau-hijauan
-         Baunya luar biasa/ busuk, menandakan adanya infeksi
f.        Lochiositosis
-         Lochea tidak lancar keluarnya, jika lochea tetap berwarna setelah 2 minggu ada kemungkinan tertinggal sisa plasenta atau karena involusi yang kurang sempurna karena retrokleksi uteri.
2.1.5        Pengkajian pada Ibu Post Partum (Kala IV – 2 jam PP) meliputi :
1.      Tekanan darah
2.      Nadi
3.      Suhu tubuh
4.      Fundus uteri
5.      Kandung kemih
6.      Lochea
7.      Perineum
8.      Keluhan nyeri
9.      Status emosional

2.2    Konsep Dasar Teori Seksio Caesarea
2.2.1        Definisi
Suatu persalinan buatan, dimana janin dilahirkan melalui suatu insisi pada dinding perut dan dinding rahim dengan syarat rahim dalam keadaan utuh dan berat janin, diatas 500 gram.
(Prof. dr. Hanifa Witensosastro, DSOG, 2000, 133)
Suatu tindakan untuk melahirkan bayi dengan berat di atas 500 gram, melalui sayatan pada dinding uterus yang masih utuh (Prof. dr. Abdul Bari Saifudin, SPOG, 2000, 536)
2.2.2        Indikasi Seksio Caesarea pada Ibu dan Janin
a.       Ibu
-         Disproposi kepala panggul/ CPD/ FPD
-         Disfungsi uterus
-         Panggul sempit Absolut
-         Plasenta previa
-         Pernah sc sebelumnya
b.      Janin
-         Kelainan letak
-         Gawat janin
-         Janin besar
2.2.3        Jenis-jenis seksio caesarea
1.      Seksio caesarea klasik : pembedahan secara sanger
2.      Seksio caesarea transperitonealis profunda
3.      Seksio caesarea diikuti dengan histerektomi
4.      Seksio caesarea ekstraperitoneaus
2.2.4        Prosedur langkah klinik
a.       Langkah klinik
-         Persetujuan medik
Menetapkan indikasi seksio caesarea
Menentukan jenis seksio caesarea
Mempersiapkan  tim
Pencegahan infeksi dan persiapan operasi
b.      Persiapan pasien
-         Di ruang perawatan pasien harus puasa ± 6 jam. Pasien yang tidak dapat puasa, harus dipasang pipa lambung ukuran (18 – 20) dan benar-benar dihisap sampai kosong
-         Diperiksa ulang apakah sudah lengkap pemeriksaan yang diperlukan seperti darah rutin, fungsi hati, gula darah, Hb, golongan darah
-         Baju pasien diganti dengan baju khusus
-         Pasang infus RL
-         Baringkan pasien pada posisi tidur
-         Dipasang folley kateter
c.       Persiapan penolong
-         Memakai baju khusus operasi lengkap
-         Mempersiapkan alat-alat
-         Menyiapkan obat-obat yang diperlukan
-         Penolong cuci tangan
-         Memakai baju/ jas operasi dan sarung tangan
d.      Tindakan pembiusan
e.       Tindakan operasi
f.        Dekontaminasi
g.       Cuci tangan pasca tindakan
h.       Perawatan pasca bedah
1.      Periksa TFU, ukur jumlah urine tampung dan jumlah perdarahan
2.      Buat laporan operasi
3.      Buat instruksi perawatan yang meliputi
-         Jadwal TTV
-         Jadwal jumlah produksi urine
-         Tuliskan instruksi pengobatan dengan singkat dan terinci yang mencakup nama obat, dosis, cara pemberian dan waktu pemberian



i.         Nasehat dan konseling pasca operasi
1.      Kepada keluarga klien
v     Beritahu bahwa
-         Operasi telah selesai dan sampaikan jalannya operasi, kondisi ibu saat ini dan apa yang diharapkan minimal mencangkup 24 jam pasca OP
-         Waktu lahir, jenis kelamin, panjang badan, BB, keadaan bayi
v      Jelaskan rencana perawatan dan perkirakan waktu pasien dapat dipulangkan
v     Minta pada keluarga untuk ikut mengawasi pasien khususnya terhadap bekas luka sc
2.      Kepada pasien
v     Beritahu bahwa
-         Keadaan px saat ini
-         Waktu lahir, jenis kelamin, panjang badan, BB, keadaan bayi
-         Resiko fungsi reproduksi, kehamilan dan persalinan yang akan datang
v     Lakukan konseling dan rencanakan upaya-upaya pencegahan kehamilan minimal 2 tahun setelah sc
v     Jelaskan resiko yang akan dihadapi oleh px sampai ia yakin, paham dan mengerti

2.3    Konsep Dasar Teori Nyeri
2.3.1        Definisi
Nyeri adalah rangsangan tidak enak yang dapat menimbulkan takut dan kuatir sebagai akibat dari ketidaktahuan akan proses nyeri yang dialami.
2.3.2        Mekanisme terjadinya nyeri
Stimulasi Nyeri
¯
Reseptor
¯
Sumsum syaraf central melalui saraf asenden
¯
Talamus cortex serebral
¯
Mengiterprestasikan arti nyeri
¯
sensasi nyeri
2.3.3        Faktor-faktor yang mempunyai rasa nyeri
a.       Faktor psikologik
-         Sikap ibu
-         Keadaan mental ibu
-         Kebiasaan ibu
-         Budaya
b.      Faktor fisik
-         Keadaan umum pasien
-         Umur pasien
2.3.4        Tingkatan/ skala nyeri berdasarkan ekspresi wajah 



  Keterangan :
-         Bila skala nyeri > 5 ® harus diberikan terapi
-         Nyeri tingkat 10 = penderita sangat takut, capek dan sangat nyeri

2.4    Ketuban Pecah Dini (KPD)
2.4.1        Pengertian
Ketuban pecah dini adalah pecahnya ketuban sebelum terdapat  tanda-tanda persalinan, dan ditunggu satu jam belum dimulainya tanda persalinan.

2.4.2        Penyebab ketuban pecah dini
Penyebab ketuban pecah dini  mempunyai dimensi multifaktorial yang dapat dijabarkan sebab :
-         Serviks Inkompeten
-         Ketegangan rahim berlebihan : kejan ganda, Hidramnion
-         Kelainan letak janin dalam rahim : letak sungsang, letak lintang
-         Kemungkinan kesempitan panggul : perut gantung, bagian terendah belum masuk PAP, sefalopelvik disproporsi
-         Kelainan bawaan dari selaput ketuban
-         Infeksi yang menyebabkan terjadi proses biomekanik pada selaput ketuban dalam bentuk proteolitik sehingga memudahkan ketuban pecah
2.4.3        Permasalahan ketuban pecah dini
Ketuban pecah dini menyebabkan hubungan langsung antara  dunia luar dan ruangan dalam rahim, sehingga memudahkan terjadinya infeksi asenden. Salah satu fungsi selaput ketuban adalah melindungi atau menjadi pembatas dunia luar dan ruangan dalam rahim sehingga mengurangi kemungkinan infeksi. Makin lama periode laten, makin besar kemungkinan infeksi dalam rahim, persalinan prematuritas dan selanjutnya meningkatkan kejadian kesakitan dan kematian ibu dan bayi atau janin dalam rahim.
Di samping itu ketuban pecah dini yang disertai kelainan letak akan mempersulit pertolongan persalinan yang dilakukan di tempat dengan fasilitas belum memadai.
2.4.4        Penatalaksanaan KPD
Ketuban pecah dini merupakan sumber persalinan prematuritas, infeksi dalam rahim terhadap ibu maupun janin yang cukup besar dan potensial. Oleh karena itu, tatalaksana ketuban pecah dini merupakan tindakan yang rinci sehingga dapat menurunkan kejadian persalinan prematuritas dan infeksi dalam rahim. Sebagai gambaran umum untuk tatalaksana ketuban pecah dini dapat dijabarkan sebagai berikut :
-         Mempertahankan kehamilan sampai cukup matur khususnya maturitas paru sehingga mengurangi kejadian kegagalan perkembangan paru yang sehat.
-         Terjadi infeksi dalam rahim, yaitu korioamnionitis yang menjadi pemicu sepsis, meningitis janin, dan persalinan prematuritas
-         Dengan perkiraan janin sudah cukup besar dan persalinan  diharapkan berlangsung dalam waktu 72 jam dapat diberikan kartikosteroid, sehingga kematangan paru janin dapat terjamin.
-         Pada umur kejan 24 minggu sampai 32 minggu yang menyebabkan menunggu berat janin cukup, perlu dipertimbangkan untuk melakukan induksi persalinan dengan kemungkinan janin tidak dapat diselamatkan.
-         Menghadapi ketuban pecah dini, diperlukan KIM terhadap ibu dan keluarga sehingga terdapat pengertian bahwa tindakan mendadak mungkin dilakukan dengan pertimbangan untuk menyelamatkan ibu dan mungkin harus mengorbankan janinnya.
-         Pemeriksaan yang penting dilakukan adalah USG untuk mengukur distansia bipariental dan perlu melakukan aspirasi air ketuban untuk melakukan pemeriksaan kematangan paru melalui perbandingan L/S
-         Waktu terminasi pada hamil aterm dapat dianjurkan selang waktu 6 jam sampai 24 jam, bila tidak terjadi his spontan.

2.5    Konsep Asuhan Kebidanan pada Masa Nifas (Asuhan Post Partum)
2.5.1        Definisi
Asuhan kebidanan adalah aktivitas/ intervensi yang dilakukan oleh bidan kepada ibu yang mempunyai kebutuhan atau permasalahan dalam bidang KIA/ KB. (Depkes. RI: 1993)
Dalam memberikan asuhan kebidanan pada klien, bidan menggunakan metode pendekatan pemecahan masalah dengan difokuskan pada suatu proses yang sistematik dan analisis.
Asuhan post partum adalah asuhan yang diberikan pada ibu segera setelah kelahiran sampai ± 6 – 8 minggu setelah kelahiran (akhir masa nifas)
2.5.2        Tujuan
Adapun tujuan inti dari pemberian asuhan post partum ini adalah untuk memberikan asuhan yang adekuat dan berdasarkan dan terstandart pada ibu segera setelah melahirkan dengan memperhatikan riwayat selama kehamilan dalam persalinan dan keadaan segera setelah melahirkan, sehingga ibu dapat melalui masa nifasnya dalam keadaan normal.
Dalam memberikan asuhan kebidanan kita menggunakan tujuh langkah manajement kebidanan menurut Helen Varney, yaitu :
2.5.3        Asuhan kebidanan Helen Varney
I.         PENGKAJIAN
Pengkajian merupakan langkah awal untuk mendapatkan data dengan cara mengumpulkan data-data (semua data) yang dibutuhkan untuk mengevaluasi keadaan ibu melalui anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang dan data-data penunjang.

a.       Data Subyektif
Adalah data yang didapat dari hasil  wawancara (anamnesa) langsung pada keluarga dan klien dan tim kesehatan lain. Data subyektif ini mencangkup semua keluhan-keluhan dari klien terhadap masalah kesehatan lain.
Dalam hasil anamnesa terhadap klien tentang masalah kesehatan yang dialami meliputi hal-hal sebagai berikut :
1.      Biodata
Biodata berisi identitas klien beserta suaminya yang meliputi nama, umur, agama, pendidikan, pekerjaan, suku bangsa, alamat dan status perkawinan. Dari biodata yang dikaji diharapkan dapat memberikan gambaran tentang faktor resiko keadaan sosial ekonomi dan pendidikan klien atau keluarga yang mempengaruhi kondisi klien.
2.      Keluhan utama
Ibu mengatakan nyeri pada luka bekas operasi.
3.      Riwayat kebidanan
a.       Riwayat haid
Menarche, haid teratur, lama 6 – 7 hari, siklus20 hari, jumlah darah haid 50 cc, fluor albus 2 hari sebelum menstruasi, jumlah sedikit, tidak gatal, tidak berbau, warna putih jernih dan tidak mengalami dismenorhoe.
b.      Riwayat kehamilan sekarang
Amenorhoe 9 bulan (HPHT – HPL), HPHT :               15-05-05, HPL: 22-02-06 umur kehamilan 39 minggu, ANC 7x selama hamil (3x dalam TM I, 2x dalam TM II, 2x TM III) di bidan pernah melakukan senam hamil.
4.      Riwayat persalinan sekarang
Persalinan yang pertama, ketuban jernih, bau khas, jumlah ± 1500 jam berapa lahir, jenis kelamin L/P, tanggal berapa, Apgarscore, 7 – 8, BBL 2900 gram keadaan placenta (panjang ± 50cm) berat 500 gram, tebal 1-2 cm, diameter            16-18 cm, kotiledon 16-20, selaput lengkap, jumlah perdarahan 500 cc.

5.      Riwayat kehamilan, persalinan, nifas yang lalu
Perkawinan ke……, anak ke……., jenis kelamin L/P, ditolong oleh bidan atau dokter atauy dukun, berat badan lahir berapa, panjang badan ± 50 cm, nifas normal ± 40 hari, anak masih hidup atau tidak, umurnya berapa tahun.
6.      Riwayat kesehatan yang lalu
Dalam masa kehamilan sampai masa nifas ibu tidak pernah merasakan atau menderita suatu penyakit TBC, asma, DM, HT, penyakit menular seksual.
7.      Riwayat kesehatan keluarga
Dalam keluarga tidak ada yang mempunyai penyakit menular/ TBC dan penyakit menahun/ keturunan seperti DM, HT, asma dan tidak ada yang mempunyai keturunan kembar.
8.      Riwayat KB
Metode KB yang pernah digunakan implan, suntik, pil, berapa lama, alasan berhenti memakai KB tersebut, rencana metode KB yang akan datang yang akan digunakan setelah persalinan.
9.      Pola kebisaan sehari-hari
a.       Pola nutrisi
Nafsu makan baik, berapa kali dalam sehari minimal 3x/ hari, porsi sedang, minum ± 5 – 7 gelas/hari, makan buah, sayur dan lauk untuk pemenuhan status gizi.
b.      Pola eliminasi
Tidak ada kleuhan selama ini
BAB        : 1 – 2 x/hari
BAK        : 5 – 6 x/hari
Konsistensi lembek, bau khas, warna kuning
c.       Pola aktivitas
Melakukan pekerjaan rumah sendiri tanpa ada keluhan
d.      Pola istirahat/ tidur
Siang        : 12.00 – 14.00 min      = 2 jam
Malam      : 22.00 – 04.00 min      = 6 jam
e.       Pola personal hygiene
Mandi minimal 2x/hari, ganti pakaian 2x/hari, gosok gigi 2x/hari, mencuci rambut 3x/minggu.
10.  Keadaan psikologi
Hubungan klien dengan suami baik, keluarga dan tetangga baik, klien tidak cemas dan tidak banyak bertanya, tidak menginginkan jenis kehamilan tertentu.
11.  Latar belakang sosial budaya
Apakah selama hamil minum jamu, tidak ada pantangan makanan bagi ibu dan tidak ada adat istiadat yang mengikat dan menjadi kendala selama kehamilan sampai masa nifas ini.

b.      Data Obyektif
1.      Data yang diperoleh :
a.       Keadaan umum
Kesadaran composmentis, tidak pucat keadaan ibu baik
b.      Tinggi badan
147 cm, diperiksa pertama kali datang
c.       Berat badan
Berat badan dilakukan setiap kali datang dan kenaikan selama hamil
2.      Pemeriksaan fisik
Kepala                   : tidak ada benjolan, kulit kepala bersih, warna rambut hitam, lurus
Muka                     : ¹ pucat, ¹ oedem, tidak terdapat cloasma gravidarum
Mata                      : simetris, conjungtiva merah muda, sklera putih tidak ada oedem palpebra
Hidung                   : simetris, ada polip apa tidak, ada sekret atau tidak
Telinga                   : simetris, bersih, serumen (–) kelainan bentuk (–)
Mulut dan gigi         : simetris, bersih, mukosa lembab tidak kering, tidak ada stomatitis, tidak ada caries gigi
Leher                     : tidak ada pembesaran kelenjar tyroid, tidak ada pembesaran vena jugularis
Dada                      : simetris, puting susu menonjol, hyperpigmentasi areola mammae, tidak terdapat pengeluaran coloctrum
Abdomen               : pembesaran abdomen sesuai dengan masa nifas yaitu 2 jari bawah pusat striae gravidarum, linea nigra.
Punggung                : simetris, tidak ada kelainan bentuk punggung
Genetalia                : bersih, tidak oedem, tidak varises, pengeluaran pervaginam (+)
Ekstremitas atas      : tidak terdapat oedem, tidak varises, simetris
3.      Pemeriksaan penunjang
Tanggal          :
Laboratoium   :
USG              :
Rontgen          :

II.      DIAGNOSA MASALAH DAN KEBUTUHAN
P10001 Post SC hari yang ke berapa, berapa hari setelah persalinan.
Dx        : PAPIAH post partum hari ke berapa dengan nyeri luka bekas operasi.
Data dasar :
Riwayat persalinan
-         HPHT
-         HPL
-         Umur kehamilan 39 minggu
-         Anak ke-
-         Jenis kelamin : L/P
-         BBL : 2900 gram              PBL : 50 cm – 55 cm
-         Tali pusat panjang 50 cm, lengkap/ manual, berat 500 gram tebal 1 – 2 cm, plac. Kotiledon 16 – 20.
Kebutuhan  : –

III.   ANTISIPASI MASALAH POTENSIAL
Potensial terjadi infeksi

IV.    IDENTIFIKASI KEBUTUHAN SEGERA
-         Observasi TTV
-         Vulva hygiene
-         Pengosongan KK
-         Istirahat dan mobilisasi dini
-         Kolaborasi dengan tim medis

V.       INTERVENSI
Diagnosa        : P10001 post sc hari ke-2 dengan nyeri
Tujuan            : Setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 1x24 jam ibu mengerti apa yang telah dialaminya dan dapat melalui masa nifas dengan normal sesuai dengan kriteria hasil.
-         K/U ibu baik, tidak ada perubahan perilaku
-         Kesadaran composmentis
-         TTV dalam batas normal
T  : 120/80 – < 140/90
N  : 80 – 90 x/menit
RR: 20 – 24 x/menit
S   : 36,5 – 37,2oC
-         TFU 2 jari bawah pusat, UC (+) baik, keras, lochea rubra, pada hari 1 – 3 PP
Intervensi :
1.      Jelaskan pada ibu mengenai apa yang telah dialami ibu
R/       Diharapkan ibu mengeri tentang apa yang telah dialaminya

2.      Motivasi untuk mobilisasi
R/       Mobilisasi secara teratur, bertahap dan diikuti istirahat dan dilakukan sesuai dengan keadaan pasien
3.      Lakukan perawatan luka bekas operasi sc dengan benar
R/       Perawatan luka yang memperhatikan teknik aseptik
4.      Kolaborasi dengan ahli gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi
R/       Gizi yang cukup, baik dalam jumlah dan komposisinya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka
5.      Bantu ibu melakukan personal hygiene
R/       Personal hygiene yang terjaga dapat mencegah terjadinya infeksi.
6.      Observasi TFU, UC, dan luka operasi
R/       Untuk mengetahui apakah masa nifas berjalan dengan normal, resiko terjadinya infeksi
7.      Observasi k/u ibu, kesadaran dan TTV tiap 8 jam
R/       Mendeteksi adanya suatu kelainan yang mempengaruhi kesadaran
8.      Observasi warna, jumlah pengeluaran lochea
R/       Untuk memastikan involusi berjalan normal atau tidak
9.      Berikan informasi mengenai penyebab nyeri
R/       Membantu mengurangi nyeri
10.  Kolaborasi dengan tim medis dalam pemberian terapi
R/       Mencegah infeksi dan mengurangi rasa sakit

VI.    IMPLEMENTASI
Diagnosa : P10001 post sc hari ke-1  dengan nyeri
1.      Melakukan pendekatan pada ibu
2.      Memotivasi untuk memobilisasi dengan miring kanan kiri
3.      Melakukan perawatan luka bekas sc dengan benar
4.      Kolaborasi dengan ahli gizi dalam pemberian diet
5.      Membantu ibu menjaga kebersihan tubuhnya
6.      Mengobservasi TFU, UC dan luka operasi
7.      Melakukan observasi k/u, kesadaran dan TTV setiap 8 jam
8.      Mengobservasi warna, jumlah, pengeluaran lochea
9.      Memberikan informasi mengenai nyeri

10.  Kolaborasi dengan tim medis dalam pemberian terapi
-         Infus RL 20 tts/menit
-         Inj. Cefotaxim 2x1 amp
-         Inj. Fransamin 3x1 amp
-         Mefast 3x1
-         Lipo prox 2x1
-         Metil ergometrin 3x1
-         Metronidazol 3x1
-         BC 3x1
-         Vit. C 3x1


VII.     EVALUASI
Dx      : P10001 post SC hari ke-2 dengan nyeri
S        : Ibu mengatakan bahwa ia merasa sudah sehat dan ingin cepat pulang
O       : k/u baik
            TTV     : T    : 120/80 mmHg              S : 364 oC
                          N   : 84 x/menit                    N : 20 x/menit
            TFU 2 jari bawah pusat
            Terdapat pengeluaran lochea rubra ± 20 CC
            Melakukan perawatan luka (luka sudah kering, tidak ada pus, bersih)
A       : Masalah teratasi
P        : Lanjutkan intervensi 3 yaitu
            Lakukan perawatan luka bekas operasi dengan benar (di rumah) dan personal hygiene yaitu mandi minimal 2x/hari setelah luka jahitan diangkat, dan juga ganti pembalut.

 
BAB III
TINJAUAN KASUS

3.1    Pengumpulan Data
MRS                                 : 19 – 02 – 2006
Tanggal Pengkajian            : 19 – 02 – 2006 
A.     Data Subyektif
3.1.1        Biodata
Nama                      : Ny. ”S”              Nama Suami           : Tn ”I”
Umur                       : 36 thn                 Umur                      : 28 thn
Agama                    : Islam                  Agama                   : Islam
Pendidikan              : SMP                  Pendidikan             : SMA
Pekerjaan                : IRT                    Pekerjaan               : Swasta
Penghasilan              :                         Suku/ bangsa          : Jawa/ Ind
Suku/ bangsa           : Jawa/ Ind           Status perkawinan  : Kawin
Status perkawinan   : Kawin                Lama Kawin           : 2 thn
Lama kawin             : 2 thn                   Alamat                   : Plumbungan
Alamat                    : Plumbungan
3.1.2        Keluhan Utama
Ibu mengatakan nyeri pada luka bekas operasi
3.1.3        Riwayat Haid
a.       Riwayat haid
Menarche                : 13 tahun
Haid teratur/ tidak    : teratur
Lama haid               : 8 hari
Siklus haid               : 28 hari
Fluor Albus             : ya, sedikit 2 hari sebelum menstruasi tidak gatal, tidak berbau, warna putih jernih
Dismenorhoe           : tidak pernah
b.      Riwayat kehamilan sekarang
Amnorhoe               : 9 bulan
HPHT                     : 15 – 5 – 2005
HPL                        : 22 – 2 – 2006
Umur kehamilan       : 39 minggu

ANC
TM I                         : 3x di bidan
TM II                        : 2x di bidan
TM III                       : 2x di bidan
Keluhan selama hamil
TM I                         : mual-mual di pagi hari
TM II                        : tidak ada keluhan
TM III                       : tidak ada keluhan
Obat-obat yang sudah didapat : Fe, Vit. C, Kalk
Imunisasi yang didapat :
TT CPW                 : 1x
TT hamil I                : 1x pada uk 4 bulan
TT hamil II              : 1x pada uk 5 bulan
Penyuluhan yang pernah didapat
3.1.4        Riwayat persalinan sekarang
Tanggal 19 Februari 2006, jam 03.50 WIB, lahir anak pertama dengan jenis kelamin perempuan, hidup, tunggal, ¹ ada kelainan persalinan dengan seksio caesarea ditolong oleh DSOG dan tim operasi di DKT Sidoarjo.
Hasil     AS       : 7 – 8                          MO      : 34
            BBL     : 2900 gram                  SOB    : 32
            PBL     : 50 cm
            LD       : 33 cm
Tali pusat panjang 50 cm, tidak ada lilitan tali pusat pada leher dan badan.
Plasenta            : lahir manual dengan berat 500 gram
Ukuran             : 16 x 18 cm, insersi sentralis
Perineum          : utuh
3.1.5        Riwayat persalinan yang lalu
Hamil saat ini
3.1.6        Riwayat kesehatan yang lalu
Ibu mengatakan tidak pernah menderita penyakit seperti jantung, kencing manis, hepatitis, darah tinggi, asma, TBC dan ibu juga tidak pernah MRS sebelumnya, ibu juga tidak pernah operasi.
3.1.7        Riwayat kesehatan keluarga
Dalam kleuarga klien tidak ada yang mempunyai penyakit seperti TBC, DM, HT, asma, hepatitis dan baik dari keluarga suami maupun ibu sendiri tidak ada keturunan kembar.
3.1.8        Riwayat KB
Ibu mengatakan tidak pernah menggunakan alat kontrasepsi apapun sebelumnya dan untuk rencana KB selanjutnya  ibu masih belum memikirkannya.
3.1.9        Pola kebiasaan sehari-hari
a.       Pola nutrisi
Saat hamil           : Makan : 3x/ hari porsi sedang menu, lauk, sayur kadang buah
                            Minum : 6 – 7 gelas/ hari, air putih, teh
Saat PP              : Makan : 3x/ hari, porsi sedang menu nasi, lauk, sayur dan buah
                            Minum : 5 – 6 gelas/ hari, air putih, teh
b.      Pola aktivitas
Saat hamil           : ibu mengerjakan s emua pekerjaan rumah tangga sendiri seperti menyapu, memasak, tapi hanya yang ringan-ringan saja
Saat PP              : ibu hanya miring ke kiri dan ke kanan saja
c.       Pola istirahat
Saat hamil           : Siang      : 13.00 – 15.00 WIB
                            Malam    : 21.00 – 04.00 WIB
Saat PP              : Siang      : 12.30 – 14.30 WIB
                            Malam    : 21.00 – 04.30 WIB   
d.      Pola eliminasi
Saat hamil           : BAK : 5 – 6 x/hari, konsistensi cair, bau khas, warna kuning jernih
                            BAB : 1x/hari, konsistensi lembek, bau khas, warna kuning kecoklatan
Saat PP              : BAK pada saat pengkajian terpasang DK dengan UT 200 cc warna kuning, bau khas
 e.       Personal hygiene
Saat hamil           : mandi 2x/hari, ganti baju dan pakaian dalam sehabis mandi,gosok gigi 2x/hari, keramas 3x/minggu
Saat PP              : Ibu masih diseka pada pagi dan sore hari, ganti baju tiap habis diseka, ganti pembalut 2x/hari atau bila softex penuh.
f.        Pola seksual
Saat hamil           : Pada TM I dan II ibu melakukan hubungan seksual 1x dalam satu minggu dan tidak ada keluhan, pada TM III ibu tidak melakukan hubungan seksual karena takut
Saat PP              : Ibu belum pernah melakukan hubungan seksual setelah operasi
3.1.10    Keadaan psikososial
-         Hubungan  antara ibu dengan suami baik
-         Hubungan ibu dengan keluarga dan tetangga baik
-         Kehamilan ini sangat  diharap-harapkan oleh ibu dan keluarga
3.1.11    Latar belakang sosial budaya
-         Ibu mengatakan bila bayinya berumur 40 hari akan diadakan upacara selapan
-         Setelah melahirkan ibu tidak boleh melakukan pekerjaan yang berat dan melelahkan
-         Tidak ada kebiasaan keluarga yang menghambat seperti tidak boleh makan telur, ayam (tarak)

B.       Data Obyektif
1.      Keadaan umum    : cukup
Kesadaran            : CM
BB                       : 53 kg
LILA                    : 24 cm
2.      TTV
N : 88 x/menit                   S : 368 oC
T : 120/70 mmHg RR : 20 x/menit


3.      Pemeriksaan fisik
Kepala                       : rambut hitam lurus, kulit kepala bersih, rambut tidak rontok, tidak ada ketombe, ¹ ada benjolan
Muka                         : tidak pucat, terdapat cloasma gravidarum, ¹ terdapat oedem pada wajah
Mata                          : simetris, konjungtiva merah muda, sklera putih porselen
Hidung                       : simetris, bersih, ¹ ada sekret, tidak ada pernapasan  cuping hidung, ¹ ada polip
Mulut dan gigi             : mukosa bibir kering, tidak pucat, ¹ terdapat stomatitis, tidak ada caries gigi, ¹ terdapat gigi palsu
Axila                          : tidak ada benjolan
Dada dan PD             : Simetris, ¹ ada benjolan, ¹ ada retraksi intercosta, terdapat hyperpigmentasi areola mammae, puting susu menonjol, kolostrum belum keluar dari PD kanan dan kiri, ¹ ada ronchi dan wheezing
Leher                         : ¹ ada pembesaran kelenjar tyroid dan ¹ terdapat pembendungan vena jugularis
Abdomen                   : pembesaran perut sesuai dengan masa nifas yaitu 2 jari bawah pusat, terdapat linea nigra, terdapat luka bekas operasi yang melintang ± 10 cm, luka tertutup kasa steril dan luka masih basah, kontraksi uterus baik
Genetalia                    : terdapat pengeluaran lochea rubra ± 50 cc, warna merah kehitaman, tidak oedem, tidak ada condiloma, terpasang DK dengan UT : 200 cc
Ekstremitas atas          : simetris, tidak ada oedem, tidak terdapat gangguan pergerakan, terpasang infus RL pada tangan kanan
Ektremitas bawah       : simetris, tidak oedem, tidak ada varises, tidak ada gangguan pergerakan
4.      Pemeriksaan penunjang
Hb : 11 gram%
5.      Kesimpulan        : P10001 post sc hari ke-2 atas indikasi KPD dengan nyeri pada luka  bekas operasi
6.      Tx yang sudah didapat
-         Infus RL         : 20 tetes/menit
-         Cefotaxim 2 x 1 ampul (500 mg)
-         Transamin 3x1 ampul (500 mg)
-         Mefast 3x1
-         Licpoprox 2x1
-         Metil ergometrin 3x1
-         Metronidazol 3 x 1
-         Bc 3x1
-         Vit C 3x1

3.2    Identifikasi Diagnosa, Masalah dan Kebutuhan
Data
Diagnosa, Masalah, Kebutuhan
Ds      : ibu mengatakan nyeri pada luka bekas operasi
Do      :
-          k/u cukup
-          kesadaran composmentis
-          TTV
T    : 120/70 mmHg
N   : 88 x/menit
S    : 368 oC
RR : 20 x/menit
-          Ada jahitan bekas operasi yang tertutup kasa
-          Abdomen
Terdapat bekas luka sc (tertutup kasa) tidak ada tanda-tanda infeksi
-          TFU 2 jari bawah pusat, UC baik
-          Terdapat pengeluaran lochea rubra ± 50cc terpasang DK, UT : 200cc
-          Ektremitas kanan atas terpasang infus RL 20 tetes
-          Ada nyeri tekan pada luka bekas sc
Dx :
P10001 post sc hari ke-2 dengan indikasi KPD
Mx : Nyeri luka bekas operasi

3.3    Antisipasi Masalah Potensial
Potensial terjadi resiko infeksi

3.4    Identifikasi Kebutuhan Segera
-         Rehidrasi RL 20 tetes/menit
-         Pencegahan infeksi
Kolaborasi dengan tim medis dalam pemberian terapi, obat, advice dokter
-         Injeksi cefotaxim 2x1 ampul
-         Injeksi transamin 3x1 ampul

3.5    Intervensi
Dx                     : P10001 post sc hari ke-2 dengan indikasi KPD
Tujuan               : Setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 1x30 menit diharapkan ibu dapat mengerti tentang penjelasan petugas
Kriteria hasil      :
-         Keadaan umum ibu cukup
-         Ibu mengetahui kondisinya saat ini
-         TTV
T      : 110/70 – 130/80 mmHg
N     : 60 – 90 x/menit
S      : 36 – 37,5oC
RR   : 16 – 24 x/menit
Intervensi           :
1.      Lakukan pendekatan pada pasien
R/        Dengan pendekatan maka terjalin hubungan yang kooperatif antara ibu dan petugas kesehatan
2.      Jelaskan pada ibu tentang keadaannya pada saat post partum dengan operasi
R/        Ibu mengerti tentang keadaannya saat ini
3.      Bantu ibu untuk melakukan personal hygiene yaitu : menyeka, membersihkan genetalia, mengganti softex dan mengganti baju.
R/        Personal hygiene yang terjaga dapat mencegah terjadinya infeksi dan dapat memberi rasa nyaman bagi ibu
4.      Anjurkan ibu untuk meneteki bayinya
R/        ASI merupakan makanan utama bayi dan isapan bayi merangsang kontraksi uterus dan otot-otot polos payudara

5.      Anjurkan ibu untuk mobilisasi dalam 24 – 36 jam PP
R/        Memperlancar peredaran darah dan mencegah kekakuan otot sendi serta mengembalikan elastisitas otot panggul
6.      Observasi TFU, UC dan luka operasi
R/        Observasi TFU dan kontraksi uterus untuk mengetahui involusi berjalan normal (sesuai umur masa nifas)
           Observasi luka operasi memastikan luka dalam keadaan baik (bersih) tidak ada perdarahan dan mencegah terjadinya infeksi
7.      Anjurkan ibu minum obat secara teratur
R/        Dengan minum obat secara teratur akan mempercepat proses kesembuhan
8.      Berikan terapi sesuai advis dokter
-          Infus RL 20 tetes/menit
-          Cefotaxim 3x1 ampul
-          Transamin 3x1 ampul
-          Mefast 3x1
-          Lipoprox 2x1
-          Metil erfometrin 3x1
-          Metronidazol 3x1
-          Bc 3x1
-          Vit. C 3x1

Masalah            : Nyeri luka bekas sc
Tujuan               : Setelah dilakukan asuhan kebidanan pada ibu selama 1x15 menit rasa nyeri berkurang
Kriteria hasil      : - keadaan ibu baik
                           - TTV normal
                             T          : 110/70 – 130/80 mmHg
                             N         : 60 – 90 x/menit
                             S          : 365 oC – 375 oC
                             RR       : 10 – 24 x/menit
Intervensi           :
1.      Ajarkan tehnik relaksasi
R/        Merilekskan otot-otot yang tegang sehingga nyeri berkurang
2.      Kaji tingkat nyeri
R/        Menentukan tindakan selanjutnya
3.      Berikan analgesik sesuai advis dokter
R/        Mengurangi rasa nyeri


3.6    Implementasi
Tanggal     : 19 – 02 – 2006
Diagnosa   : P10001 post sc hari ke-2 dengan indikasi KPD
Jam 08.00 WIB
1.      Mengijeksi obat
-         Cefo 1 ampul
-         Transamin 1 ampul
Jam 08.10 WIB
2.      Melakukan pendekatan pada klien
Jam 08.15 WIB
3.      Menjelaskan pada pasien tentang kondisinya setelah operasi
Jam 08.20 WIB
4.      Melakukan personal hygiene dengan mengganti pambalut
Jam 08.30 WIB
5.      Menganjurkan ibu untuk segera meneteki bayinya
Jam 08.35 WIB
6.      Menganjurkan ibu untuk miring ke kiri atau ke kanan (mobilisasi)
Jam 08.40 WIB
7.      Melakukan observasi TFU dan kontraksi uterus
Jam 08.45 WIB
8.      Menganjurkan ibu untuk minum obat secara teratur
Masalah    : Nyeri luka bekas sc
Intervensi   :
Jam 08.50 WIB
1.      Mengajarkan ibu tehnik relaksasi yaitu miring ke kiri dan ke kanan dan menggerakkan tangan dan kakinya.
Jam 08.55 WIB
2.      Melihat ekspresi wajah ibu
Jam 09.00 WIB
3.      Memberikan analgesik sesuai advis dokter

3.7    Evaluasi
Tanggal     : 20 – 02 – 2006          Jam : 09.00 WIB
Diagnosa   : P10001 post sc hari ke-2 dengan indikasi KPD
S     : Klien mengatakan keadaannya sudah lebih baik dan klien mengerti tentang keadaannya
O    : - keadaan umum cukup
         - kesadaran CM
         - TTV
           T    : 120/70 mmHg
           N   : 88x/menit
           S    : 368 oC
           RR : 20 x/menit
A    : Ibu mengerti tentang keadaannya dan saat ini ibu sehat
P     : Rencana no. 4, 5, 6, 7, 8
         4. Lakukan personal hygiene
         5. Anjurkan ibu untuk meneteki bayinya
         6. Anjurkan ibu untuk mobilisasi dalam 24 – 36 jam PP
         7. Lakukan observasi TFU, kontraksi uterus
         8. Berikan terapi sesuai advis dokter
Masalah    : Nyeri luka bekas sc
S     : Klien mengatakan nyeri luka bekas operasi masih belum berkurang
O    : - Keadaan umum ibu cukup
         - Kesadaran composmentis
         - Wajah klien menyeringai kesakitan bila bergerak
         - Luka bekas sc tertutup kasa
A    : Nyeri belum berkurang
P     : Lanjutkan intervensi 2, 3
         2. Kaji tingkat nyeri
                        3. Berikan terapi analgesik sesuai advis dok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar