Senin, 05 Desember 2011

TUTORIAL PENGETIKAN SKRIPSI

Skripsi merupakan salah satu bentuk tugas akhir sebagai syarat agar bisa mendapatkan gelar Sarjana. Skripsi berupa penelitian ilmiah yang berbentuk teoritis, experimental, penelitian pustaka, dan sebagainya yang dimaksudkan sebagai latihan para mahasiswa menuangkan dalam bentuk karya tulis sesuai dengan metode-metode dan sistematis.

Pengetikan menggunakan dengan computer antara lain menggunakan Microsoft Word atau Open Office Writer. Pada tutorial ini, saya akan membahas tutorial ini bila kita menggunakan Open Office Writer.

Dalam mengetik skripsi terdapat tata cara dan aturan-aturan yang harus diperhatikan, yaitu seperti penomoran, pengetikan,  pembuatan tabel dan gambar, bahan dan ukuran kertas, bahasa tata cara pengacuan nama penulis, dan daftar pustaka (yang dapat dilihat di panduan skripsi).

Sebelum membaca tutorial ini, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu panduan skripsi yang terdapat di blog saya karena yang dijelaskan pada tutorial ini sangat berhubungan dengan panduan skripsi tersebut sehingga Anda tidak bingung. Beberapa tata cara yang akan dijelaskan dalam tutorial ini adalah :
        A.       Penomoran Bahan dan Ukuran Kertas
        B.        Penomoran
        C.        Pengetikan
        D.       Pembuatan Tabel dan Gambar

SELAMAT MEMBACA, SEMOGA BERGUNA

A.   Bahan dan Ukuran Kertas
        1.    Kertas yang dipakai HVS 80 gr
        2.    Ukuran kertas A4 (Kuarto)
Untuk menyeting ukuran kertas adalah dengan cara :
Pengaturan ukuran kertas dalam Open Office Writer dengan cara memilih menu Format  → Page … Kemudian akan muncul kotak pilihan, maka pilih opsi Page. Pada Format  ubah menjadi A4 pada Orientation klik pada Portrait selanjutnya klik OK.

B.   Penomoran
        1.    Halaman judul sampai intisari diberi nomor halaman dengan huruf Romawi kecil.
Pengaturannya sbb : Format→ Style and Formatting→ Page Style lalu klik kanan New… pada Organizer beri nama halaman awal, pada Page atur ukurannya menjadi A4 dan margins Left dan Top diubah menjadi 4 cm sedangkan Right dan Bottom diubah menjadi 3 cm, terus pada Footer checklist pada Footer on. OK. Gunakan ini dengan mengklik dua kali. Kemudian untuk menambahkan nomor halaman romawi klik menu Insert → Field → Page number…atur format nomornya menjadi angka romawi kecil.
        2.    Bab I dan akhir (Pendahuluan hingga lampiran) diberi nomor halaman dengan nomor Arab.
Pengaturannya seperti di atas, tetapi untuk halaman yang ada judul atau bab pada Organizer beri nama halaman bab utama akhir, pada Header checklist Header on. Sedangkan untuk bagian isinya pada Organizer berinama halaman isi. Pada Footer checklist di Footer on. Untuk pengaturan nomor halaman format angka diganti dengan angka Arab.
        3.    Nomor halaman semua diletakkan di kanan atas, kecuali ada bab atau judul diletakkan di tengah bawah.

C.   Pengetikan
        1.    Batas tepi
i.   Tepi atas dan kiri : 4cm
ii.Tepi bawah dan kanan : 3cm
Langkah pengaturan sama dengan pengaturan kertas. Pada Margins ganti Left dan Top sepanjang 3cm.

        2.    Jenis huruf : Times New Roman 12
Untuk mengatur jenis huruf pilih menu Format → Character… lalu pilih opsi Font pilih Times New Roman, untuk huruf biasa pada Typeface pilih Regular, jika huruf miring maka pilihlah Italic, pada size pilih 12 atau pengaturan dapat langsung dilakukan pada toolbar. Jika ingin menggunakan huruf miring klik icon Italic pada toolbar atau dengan menekan Ctrl+I.

        3.    Jarak antar baris : 2 spasi

        4.    Jenis paragraf : Justified
Langkah pengaturan jarak spasi dan jenis paragraph dapat dilakukan dengan memilih Format→Paragraph…
Untuk mengatur jarak spasi, pilih opsi Indents&Spacing, pada Line spacing ubah menjadi Double. Kemudian untuk mengatur jenis paragraph pilih opsi Alignment, dan klik Justified. Selanjutnya OK.

Ada langkah lain untuk mengatur point 2 – 4 di mana ketiganya bisa diatur sekaligus :
Format → Style and Formatting… pilih Paragraph style kemudian klik kanan New. Pada box, opsi Organizer berinama misal Normal, lalu pilih opsi Indents&Spacing pada Line spacing pilih Double, pada opsi Alignment pilih Justified, dan pada Font pilihan font Times New Roman, typeface regular, size 12.

        5.    Judul, sub judul, dan anak sub judul
i.   Judul : diketik dengan huruf besar seluruhnya, tebal dan simetris atau bisa juga dengan menggunakan Heading dengan align center Langkah yang dilakukan : ketik dahulu judulnya kemudian klik Format Style and Formatting… pilih Paragraph style. Klik Heading 1 lalu diklik kanan modify lalu pilih opsi Alignment dan pilih center, OK. Kemudian gunakan dengan meng-klik 2 kali.
ii.Sub judul : dibuat seperti alinea baru, semua kata diawali dengan huruf besar, diketik tebal tanpa diakhiri tanda titik. Untuk menebalkan, klik icon Bold pada Toolbar atau tekan Ctrl + B.
iii.   Anak sub judul : diketik mulai dari batas tepi kiri dan diketik tebal, hanya kata pertama diawali huruf besar, tanpa diakhiri dengan titik.
        6.    Rincian ke bawah
Penulisan rincian dengan menggunakan angka atau huruf sesuai derajat rincian, pemakain tanda (-) pada awal rincian tidak diperbolehkan.
Langkah-langkah pengaturan : FormatBullets and Numbering . . .
Pilih opsi Outline, pilih yang dikehendaki, kemudian klik opsi Position pilih level 1-10, ubah semua jarak menjadi 0 dan di-checklist pada Relative. Lalu pada Options pilih level 1-10, OK.

  D.   Pembuatan Tabel dan Gambar
Dibuat simetris dengan kertas
InsertTable untuk menyisipkan tabel.

Insert Picture untuk menyisipkan gambar.
Kemudian table atau gambar tersebut diatur rata tengah dengan mengklik ikon rata tengah pada Toolbar.

SEMOGA SEMUA HAL-HAL DIATAS DAPAT BERMANFAAT
 
 “Apa guna setetes tinta tanpa secarik kertas, apa guna sepercik kebahagiaan tanpa seorang teman. Apa guna ilmu tanpa tempat untuk mengamalkannya. Karena itu, coretan sederhana diatas takkan berguna tanpa kalian para pembaca. Mohon disikapi dengan bijaksana.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar